-->
header wrapper start -->

Jenis-jenis Pisau Dapur dan Kegunaan



Pisau merupakan salah satu peralatan persiapan pengolahan yang wajib ada di dapur. Pisau merupakan alat potong yang dapat digunakan untuk memotong berbagai jenis Bahan makanan. 

Pisau memiliki berbagai macam jenis dan kegunaan. Berikut ini jenis-jenis pisau beserta kegunaan ya, antara lain :
1. Vegetable knife

Merupakan Pisau yang digunakan untuk memotong buah dan sayuran. Pisau ini memiliki panjang yang berbeda-beda antara 20 cm sampai 30 cm.

2. Chef knife


Pisau serbaguna yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan memotong bahan makan. Pisau ini memiliki panjang antara 20 sampai 25 cm, dan nyaman digunakan untuk persiapan pengolahan di rumahan. 

Pisau ini juga merupakan Pisau wajib yang biasanya ada di dapur-dapur keluarga, Pisau ini dapat digunakan untuk mengiris, mengupas, mencincang dan lainnya. Tidak ada pisau lain gak apa-apa yang penting di dapur kalian ada pisau ini, dijamin lancar jaya persiapan pengolahan di dapur kalian.

3. Boning knife

Merupakan Pisau yang digunakan untuk memisahkan daging dari tulang/fillet. Pisau ini sangat efektif digunakan karena memiliki bentuk yang sangat sesuai guna memisahkan antara daging dan tulang.

Bentuknya yang tajam dan meruncing di bagian ujungnya memungkinkan kalian untuk dapat menjangkau sela-sela sempit di area yang akan kalian pisahkan daging ya.

4. Paring knife
Pisau ini merupakan Pisau yang digunakan untuk mengupas buah dan sayuran. Pisau ini hanya memiliki panjang antara 10 sampai dengan 17 cm. Cukup kecil dan efektif untuk mengupas, akan tetapi sebagaian orang juga memanfaatkan Pisau ini untuk mengukir buah dan sayuran karena bentuknya yang kecil dan mirip carving knife.


5. Serrated knife


Berikut ini pisau roti atau pisau yang biasa digunakan untuk mengiris roti ataupun kue. Pisau ini berbentuk panjang tipis dan memiliki bagian yang bergerigi yang dimaksudkan agar kue atau roti yang diiris tidak hancur.

Selain digunakan untuk mengiris kue dan roti, Pisau yang dirancang khusus ini juga dapat digunakan untuk memotong buah dan sayur yang memiliki tekstur luar yang licin seperti terong dan tomat. Pisau ini biasanya memiliki panjang antara 30 sampai 45 cm.

6. Carving knife


Pisau ini digunakan untuk mengukir buah ataupun sayuran. Ukiran buah dan sayuran tersebut biasanya untuk garnish ataupun hiasan pada tatanan hidangan prasmanan/buffet. Pisau ini berbentuk kecil tipis dan runcing, Pisau untuk menggarnish ini bentuknya hampir mirip dengan paring knife.

7. Cleaver knife


Kalau kalian sering belanja daging, pasti gak asing dengan pisau ini soalnya pisau ini sering dipakai sama penjual daging. Pisau yang berbentuk persegi ini digunakan untuk memotong serta mencincang daging dan merupakan pisau serbaguna yang digunakan pada dapur-dapur chinese food. 

Pisau ini, selain juga digunakan untuk memotong daging juga dapat digunakan untuk memotong tulang yang cukup keras. Pisau ini memiliki panjang 15-23 cm

8. Pallete knife
Merupakan Pisau yang digunakan untuk mengangkat, mencampur, merasakan dan juga membersihkan. Pisau ini berbeda dengan pisau-pisau lain karena pisau ini tidak tajam dan memiliki bentuk yang panjang dan cendrung lentur. Pisau ini biasanya juga digunakan pada saat mendekorasi cake.

9. Cheese knife

Pisau ini digunakan untuk memotong keju. Bentuknya yang memiliki lubang-lubang di tengahnya berguna agar keju yang dipotong tidak lengket pada pisau. Keju yang lengket pada pisau membuat tekstur kurang baik pada keju potong.

10. Minced knife
Melihat pisau ini tampak menyeramkan, in karena bentuknya cendrung cukup besar tebal dan tajam tentunya. Pisau ini digunakan untuk mencincang sayuran.

0 Response to "Jenis-jenis Pisau Dapur dan Kegunaan"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini