-->
header wrapper start -->

Tips/Cara Mudah Mengatasi Minyak Meletup atau Menyiprat saat Menggoreng


Buat ibu-ibu dan remaja putri pasti gak asing lagi dengan aktifitas menggoreng. Menggoreng merupakan salah satu bagian dari memasak yang bisa membuat dag dig dug saat melakukannya. Gimana gak, kalau teledor dan gak hati-hati muka yang abis perawatan bisa ancur berantakan karena kena cipratan minyak.

Pokoknya, menggoreng bisa jadi aktifitas yang sangat menegangkan dan seru...berasa kayak perang dech, apalagi kalau menggoreng ikan. Nah, biar perangnya bisa lebih santai dan gak begitu menegangkan, ada beberapa tips yang bisa dicoba buat kalian yang punya pengalaman menggoreng dengan cipratan-cipratan minyak yang membekas dan melepuh di kulit.

1. Gunakan api sedang/kecil 
Untuk menggoreng ikan dan bahan makan yang mengandung banyak air gunakan api kecil atau sedang. Menggunakan api besar, selain dapat mengakibatkan cipratan minyak yang sangat luar biasa juga menjadikan makan tidak matang merata (bagian luar sudah gosong tapi bagian dalam belum matang)

2. Pastikan wajan/penggorengan benar-benar kering. 
Wajan bisa dikeringkan menggunakan tissue atau lap bersih, dapat juga di panaskan di atas kompor yang menyala. Wajan yang masih basah dapat menyebabkan cipratan minyak juga lho.

3. Gunakan wajan/penggorengan yang cekung dan diberi penutup.
Wajan yang tertutup akan menghalangi cipratan minyak kemana-mana sehingga tidak akan mengenai tumbuh kita ataupun mengotori area dapur.

4. Menggoreng pada minyak panas.
Minyak yang belum panas saat akan menggoreng dapat mempengaruhi terjadinya letupan minyak yang mengakibatkan minyak bercipratan.

5. Gunakan tepung saat menggoreng.
Saat menggoreng, bahan makanan dapat dilumuri tepung untuk meredam kadar air di dalamnya yang dapat menyebabkan letupan minyak. Atau dapat juga memberikan tepung pada minyak goreng.

6. Meniriskan bahan makanan hingga kadar air berkurang.
Salah satu cara agar saat menggoreng minyak tidak meletup dan bercipratan adalah dengan meniriskan bahan makanan tersebut. Kadar air yang ada di makanan saat menggoreng dapat membuat minyak meletup dan menyiprat karena minyak goreng lebih cepat panas dan uap minyak akan naik dan memecah lebih banyak karena ada kandungan air di dalamnya.

Itu tadi beberapa tips n trik gampang yang bisa kalian coba, yang punya pengalaman menggoreng ataupun tips lain tentang menggoreng, bisa berbagi pengalaman ya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan salam sehat buat kita semua...ngobrol asik yuk di terasboga

0 Response to "Tips/Cara Mudah Mengatasi Minyak Meletup atau Menyiprat saat Menggoreng"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini