-->
header wrapper start -->

Main course/ Hidangan Utama

maincourse

Main course atau biasa juga disebut main dish merupakan hidangan utama dan berasa pada urutan menu yang disajikan pada saat lunch maupun dinner. Main course ini terdiri dari beberapa komponen hidangan yaitu, karbohidrat, protein dan sayur.

Biasanya main course disajikan dengan berat 350-375 gram dengan komposisi  protein 175-225 gram, sayuran 75 gram serta 75 gram karbohidrat. Main course disajikan secara

Komponen karbohidrat yang biasa digunakan sebagai main course antara lain olahan nasi, kentang, dan pasta. Jenis karbohidrat tersebut diolah dan disesuaikan dengan protein yang digunakan sebagai main course. Begitu pula dengan hidangan sayuran yang digunakan sebagai pelengkap pada main course.

Olahan karbohidrat dari nasi seperti pilafe rice, risotto dan lain sebagainya. Sedangkan olahan kentang dapat digoreng, dikukus, maupun dipanggang. Untuk pasta, biasanya hanya dengan memblancing kemudian diolah sesuai dengan tema menu main course yang diinginkan.

Hidangan protein yang digunakan untuk main course yaitu dari bahan-bahan seperti daging sapi, domba, unggas, telur, tofu dan lain sebagainya yang diolah sesuai dengan tema ataupun konsep main course yang akan disajikan. Hidangan protein yang disajikan biasanya disertai dengan saus sebagai pelengkap agar hidangan tidak kering dan memiliki tekstur yang baik. Akan tetapi apabila hidangan protein sudah berkuah, maka saus tidak diperlukan lagi sebagai pelengkap.

Sayur merupakan salah satu komponen penting pada main course. Hidangan sayur biasanya diolah dengan berbagai teknik olah agar saat penyajian bisa sesuai dengan tema atau konsep yang akan dihadirkan. Contoh hidangan sayur sebagai komponen main course adalah buttered carrot and green bean, cauliflower mornay, buttered of vegetable dan masih banyak lagi. 

Pilihan menu main course sangat ditentukan dari konsep hidangan yang diinginkan, pemilihan komponen hidangan dengan warna yang kontras dan menarik dapat membangkitkan selera makan. Contoh menu main course : Chicken Cordon Bleu with mushroom sauce+ Potato Wedges+ Buttered carroot and green bean.

Buat kalian yang mau share pengalaman ataupun pengetahuan tentang maincourse bisa langsung kasih komen ya di kolom komentar. Belajar bareng dan ngobrol asik yuk di terasboga.



0 Response to "Main course/ Hidangan Utama"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini