-->
header wrapper start -->

Cold Appetizer/ Hidangan Pembuka Dingin


Terasboga.com - Cold appetizer atau hidangan pembuka dingin merupakan hidangan yang digunakan untuk menggugah selera makan sebelum hidangan utama disajikan, dan biasanya memiliki porsi kecil antara 75 – 100 gr serta memiliki rasa asam, asin, manis (rasa seimbang dan cenderung tajam). Hidangan cold appetizer disajikan pada suhu 10o – 15oC,  adapun contoh hidangan cold appetizer antara lain :

a.     Salad     

Salad adalah hidangan pembuka yang disajikan dingin dan memiliki rasa asam, sedikit manis, gurih dan segar dengan perpaduan rasa yang baik dan menggugah selera. Salad dibuat dari berbagai macam bahan hewani dan nabati seperti daging, telur, sayur dan buah dengan diberi saus mayonaise ataupun vinagraite yang dimasukkan ke dalam lemari pendingin terlebih dahulu sebelum disajikan agar memiliki  rasa segar.

b.     Aspic Jelly

Aspic jelly merupakan hidangan cold appetizer yang dibuat dari kaldu/ stock yang telah dijernihkan kemudian disimmer selama 2 jam bersama gelatin kemudian didinginkan. Isian aspic dapat berupa produk nabati ataupun hewani yang dipotong-potong kecil/ dicincang kemudian di cetak pada tempat yang diinginkan. Untuk penyajian disesuaikan dengan porsi yang diinginkan antara 75 – 100 gr.


c.      Pate      

Pate merupakan hidangan pembuka dingin yang terbuat  dari cincangan halus (digiling) daging ayam, daging sapi, hati maupun ikan yang diberi bumbu dan dicetak pada cetakan persegi panjang kemudian dipanggang dalam oven. Setelah matang, didinginkan dan dapat diberi aspic jelly kemudian dimasukkan ke dalam refrigerator atau dapat dijadikan sebagai topping pada roti (canape). Penyajian pate dipotong seberat 75 – 100 gr sesuai dengan porsi appetizer yang diinginkan. Agar lebih menarik, sebelum diberi aspic jelly dapat ditambahkan wortel, bayam, jamur yang telah dicincang.

d.     Canape

Canape adalah salah satu hidangan appetizer yang berukuran kecil (bite size) yang disajikan secara menarik. Canape merupakan open sandwich yang dibuat dari bahan-bahan seperti roti, crackers, kue kemudian diberi topping atau isian berbagai jenis sayur, buah ataupun bahan hewani.

e.     Ballotiens

Ballotiens merupakan hidangan yang terbuat dari paha ayam ataupun paha kambing dan diberi isian dengan campuran daging giling, bumbu serta sayuran yang digunakan untuk variasi warna agar lebih menarik. Ballotiens diolah dengan cara shallow frying hingga warna coklat melapisi kemudian dibraise dalam kaldu dan dioven hinga matang. Setelah didinginkan, ballotiens dapat disajikan dengan cara dipotong-potong 75 – 100 gr sebagai hidangan cold appetizer.

f.       Galantine 

Galantine merupakan hidangan cold appetizer yang terbuat dari daging sapi/ ayam yang digiling dan diberi telur serta bumbu-bumbu dan dibentuk menyerupai pipa (dapat dibungkus dengan kain bersih) kemudian di braise dalam stock hingga matang dan disajikan dingin dengan ukuran 75 – 100 gr per porsi untuk hidangan cold appetizer.

Itu tadi contoh cold appetizer, artikel tentang dunia kuliner bisa langsung cek di terasboga.com. Saran dan masukan silakan tulis di kolom komentar ya. 

0 Response to "Cold Appetizer/ Hidangan Pembuka Dingin"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini