-->
header wrapper start -->

APPETIZER/ Hidangan Pembuka

 

Terasboga.com - Mungkin kita sudah tidak asing mendengar kata appetizer atau makanan pembuka, terutama buat kalian yang pernah belajar tentang kuliner. Mari kita kulik sedikit tentang appetizer atau hidangan pembuka ini. 

Appetizer/ hidangan pembuka merupakan hidangan yang disajikan pada awal jamuan makan sebelum hidangan utama disantap. Hidangan appetizer memiliki porsi kecil antara 75 – 100 gr dan biasanya mempunyari rasa asin, asam, manis gurih yang berpadu menjadi 1 dan cenderung tajam.

Appetizer merupakan hidangan yang digunakan untuk menggugah selera makan, sehingga hidangan appetizer cenderung memiliki rasa yang lezat, penampilan yang menarik sehingga menimbulkan atau meningkatkan selera makan. 


Appetizer dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu hot appetizer dan cold appetizer. Kedua hidangan ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membangkitkan selera makan dan sama-sama dihidangkan dengan porsi kecil dan tidak mengeyangkan. 

Perbedaan antara hot appetizer dan cold appetizer tentunya kita pasti tau ya dilihat dari penamaannya. Yupz, bener banget...perbedaar antra hor dan cold appetizer terletak pada suhu penyajian tersebut. Hot appetizer disajikan panas/ hangat sedangkan cold appetizer disajikan dalam keadaan dingin. 

Contoh makanan yang termasuk hot appertizer antara lain : croquette, risolles, quiche loraine, canape. Sedangkan untuk hidangan cold appetizer antara lain salad, pate, aspic jelly, ballotien, galantine.

Adapun syarat makanan yang dijadikan sebagai hidangan appetizer antara lain:

  1. Memiliki rasa yang enak
  2. Menyegarkan (untuk hidangan salad atau cold appetizer lain)
  3. Memiliki porsi yang kecil antara 75 - 100 gr (untuk hot appetizer antara 1-2 gigitan/bite size atau biasa disebut dengan finger food )
  4. Disajikan dengan penampilan atraktif
  5. Harus memiliki aroma, rasa, penampilan dan bentuk penyajian yang prima sehingga merangsang selera makan tamu dan berharap makanan selanjutnya akan lebih enak lagi. 
Ketika kita membuat hidangan pembuka, selain syarat yang harus dipenuhi, kriteria hasil appetizer juga harus diperhatikan agar appetizer yang dibuat dapat menjadi hidangan pembuka yang baik dan sesuai. Kriteria hasil yang harus dipenuhi untuk hidangan pembuka/ appetizer yang baik adalah :
  1. Memiliki rasa yang lezat (delicate in taste)
  2. Memiliki penyajian yang atraktif (attraktive in presentation)
  3. Memiliki warna yang baik dan menarik (colourful in appearance)
  4. Merangsang nafsu makan (stimulating to the appetite)
Pemaparan sedikit tentang appetizer atau hidangan pembuka, semoga bermanfaat buat kita semua. saran bermanfaat share di kolom komentar ya....ngobrol asik yuk di terasboga.com

0 Response to "APPETIZER/ Hidangan Pembuka"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini