-->
header wrapper start -->

Macam-Macam Potongan Sayuran pada Pengolahan Makan Kontinental


Masih suka bingung ketika diminta guru atau dosen buat bikin potongan sayuran saat bikin soup atau hidangan lainnya?? Suruh bikin potongan jardiniere, cube, macedoine, brunoise atau laennya yang kadang bikin kita garuk-garuk kepala karena bingung sambil kepikiran ribet amat ya mau motong sayuran aja. 🤭

Sebagian dari kita masih mikir gitu pasti ya, ribet...padahal potongan sayuran penting banget kita pelajari karena selain untuk menambah estetika makanan, hal ini penting karena akan mempengaruhi proses pemasalan bahan itu sendiri lho.

Yang jelas, bisa membuat potongan sayuran yang sesuai terutama saat kita melakukan persiapan untuk pengolahan makanan kontinental akan berfungsi banget buat kita yang memang hobi dan pasionnya ada di hidangan-hidangan kontinental.

Kalau kalian sudah tau dan bisa, yakin dech bikin potongan sayuran dengan macam-macam namanya dijamin gak ribet dan bikin pusing. Kuy kita barengan belajar tentang potongan sayuran.

Berikut ini macam-macam potongan sayuran yang dirangkum dari berbagai sumber dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.
1. Brunoise
Potongan sayuran ini biasanya digunakan untuk bahan makanan seperti kentang, wortel, lobak dengan bentuk kotak kecil berukuran 1mm x 1mm x 1mm. Dadu kecil gitu ya, biasanya untuk potongan bahan yang digunakan sebagai isian makanan.

2. Jardiniere
Potongan bentuk balok memanjang dengan ukuran  4cm-6cm x 1/2cm x 1/2cm. Potongan ini digunakan untuk hidangan sayuran seperti Jardiniere of vegetable. Bahan makana yang dipotong dengan jenis potongan ini  antara lain kentang, ubi, wortel, lobak.

3. Julienne
jenis potongan ini seperti Jardiniere hanya lebih tipis, yaitu dengan ukuran 3cm x 1mm x 1mm. Bahan makanan yang dipotong seperti ini adalah wortel, kentang, lobak. Digunakan untuk isian soup, garnish ataupun salad.

4. Macedoine/dice

Potongan mecedoine atau dice sering juga disebut potongan dadu kecil, ukuran dari potongan ini adalah 1cm x 1cm x 1cm. Jenis potongan sayuran ini diterapkan pada kentang, wortel yang digunakan untuk isian soup.

5. Shred
Potongan melintang yang acak, panjang tipis, dapat juga menggunakan parutan keju. Contoh makanannya shredded chicken, mirip suwiran ayam gitu.

6. Cube
Potongan berbentuk dadu kecil dengan ukuran 12mm x 12mm x 25mm

7. Turning/Barrel
Potongan ini berbentuk setengah bola 3 sisi yang disebut turning, sedangkan yang memiliki 5 sisi disebut barrel.

8. Chopped
Potongan cincang baik halus maupun kasar, digunakan untuk bumbu-bumbu seperti onion, garlic maupun shallot. 

9. Slice
Jenis potongan melintang atau miring tipis dan rata. Digunakan untuk potongan sayuran, buah ataupun daging.

10. Wedge
Potongan sayuran, buah ataupun daging dengan bentuk segitiga. Contoh makanan potato wedges.

11. Paysanne
Potongan kotak tipis dengan ukuran 1cm x 1cm x 2mm. Sayuran yang biasa dipotong jenis ini adalah wortel, kentang, lobak. Jenis hidangan dengan potongan seperti ini adalah paysanne soup.

12. Chiffonade
Jenis potongan ini biasanya digunakan untuk kol/kubis, selasa yang diiris tipis panjang dengan tebal 1-2 mm. Biasanya digunakan untuk salad maupun garnish.

13. Minced
Jenis potongan chopped yang lebih teratur dan sangat lembut.

Jenis-jenis potongan tadi sudah sedikit menambah referensi buat kalian ya. Smoga bisa bermanfaat dan yang jelas menambah pengetahuan kita. Saran dan masukan silakan ditulis di kolom komentar... ngobrol asik yuk di terasboga.com

0 Response to "Macam-Macam Potongan Sayuran pada Pengolahan Makan Kontinental"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini