-->
header wrapper start -->

Teknik Olah Makanan (Teknik Olah Panas Basah/ Moist Heat Cooking )



Buat kalian yang punya hobi mengolah Makanan alias masak-masak pasti gak asing lagi ya dengan yang namanya teknik olah. Apalagi buat para mahasiswa boga dan siswa smk boga, paham banget ni yang beginian 🤭

Tapi, kadang walaupun di awal belajar teknik olah, kadang kita juga suka lupa lho karena saking banyaknya macam-macam teknik olah. Kalau kita sebagai orang awan, taunya teknik olah, teknik masak tu ya rebus, kukus, goreng, oven, bakat, tumis, pokoknya simpel.

Nah, sambil kita tambah pengetahuan atau inget-inget pelajaran teknik pengolahan makanan, kita sedikit bahas kuy teknik olah makanan khususnya teknik olah panas basah atau bahasa kerennya moist heat cooking. Ada apa aja ya yang termasuk moist heat cooking?? Ni dia :

1. Boiling
Boiling merupakan teknik olah yang pasti gak asing buat kita semua ya. Yupz...bener banget, boiling atau merebus merupakan teknik olah panas basah dengan cara menghantarkan panas melalui cairan seperti air, susu, stock. Boiling/merebus adalah proses memasak dengan meredam bahan makanan di dalam cairan pada panci atau alat lainnya hingga permukaannya tertutup semua, kemudian dipanaskan di atas api hingga mencapai titik didik.

Bahan makanan yang dimasak  menggunakan teknik olah ini antara lain telur, umbi-umbian, daging, unggas dan lainnya. Contoh masakannya adalah boiled egg

2. Poaching
Teknik olah ini disebut juga dengan merebus di bawah titik didik. Teknik olah ini sangat cocok digunakan untuk bahan makan yang tidak dapat diolah dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang lama.

Bahan makanan yang biasanya menggunakan teknik olah ini antara lain sayur-sayuran, ikan dan telur. Contoh hidangan ya adalah poach egg dan poach fish.

3. Steaming
Bahasa kita sech mengukus, yaitu memasak bahan makanan dengan bantuan uap air sebagai penghantar panas. Bahan makanan yang akan diolah ditaruh pada dandang pengukus atau steamer kemudian dipanaskan di atas kompor hingga bahan makanan yang dimasak matang sesuai keinginan.

Bahan makanan yang diolah menggunakan teknik olah ini biasanya menghasilkan hidangan yang bertekstur lembab dan lebih lembut. Hidangan yang menggunakan teknik olah steaming antara lain steam cake, caramel pudding dan lainnya.

4. Braising
Teknik olah ini sering kita bilang dengan istilah mengungkep. Teknik olah ini dilakukan dengan cara menaruh bahan makanan pada sedikit cairan yang berisi bumbu kemudian dipanaskan di atas api pada wadah tertutup hingga tingkat kematangan yang diinginkan pada bahan makanan.

Teknik olah braising atau mengungkep ini biasanya digunakan agar bumbu-bumbu lebih meresap ke dalam bahan makanan sehingga cita rasa masakan semakin keluar. Setelah proses braising ini, biasanya dilanjutkan dengan meroasthing/memanggang hidangan tersebut. contoh hidangannya adalah ayam panggang.

5. Blanching
Teknik olah blanching merupakan teknik oleh dengan cara merebus bahan makanan dalam waktu yang sebentar. Blanching biasanya digunakan untuk pengolahan hidangan setengah matang ataupun diterapkan pada bahan makanan yang tidak dapat dipanaskan terlalu lama seperti sayuran hijau.

Teknik olah blanching ini simpel, sebentar dan tetap dapat menjaga kandungan gizi yang terdapat pada bahan makanan, seperti vitamin, mineral dan protein. Sayuran hijau yang diolah menggunakan teknik olah ini biasanya langsung direndam di dalam air es setelah di angkat dari proses blanching dan ditiriskan. 

Fungsi dari perendaman sayuran hijau pada air es adalah untuk mencegah  terjadi proses pencoklatan dan tetap mempertahankan warna sayuran tersebut.

6. Simmering
Teknik olah ini sama dengan merebus, bedanya adalah jika simmering merebus dalam waktu yang lama dengan api kecil. Biasanya teknik olah ini digunakan untuk mendapatkan ekstrak bahan makanan yang diolah. Contoh pengolahan makan menggunakan teknik simmering adalah pembuatan stock.

7. Au ben marie
Teknik olah ini mirip dengan teknik olah steaming ya...sama-sama menggunakan uap air sebagai penghantar panas pada bahan makanan yang diolah. Au ben marie atau Kita lebih sering menyebutnya dengan mengetim, langsung paham dech kalau bilang mengetim ya. 

Cara melakukan teknik olah ini yaitu dengan menaruh panci/wadah kecil yang berisi bahan makanan kemudian dimasukkan ke panci yang lebih besar yang berisi air. Kemudian ditaruh di atas api untuk dipanaskan hingga bahan makanan matang sesuai keinginan.

Bahan makanan yang biasanya diolah dengan teknik ini antara lain beras dan juga coklat.

8. Stewing
Merupakan teknik olah yang menggunakan sedikit cairan yang ditambahkan bumbu-bumbu dan hampir mirip dengan braising, digunakan agar bahan makanan dapat meresap lebih banyak bumbu sehingga memiliki cita rasa yang baik.

Bedanya dengan baraising, teknik olah ini tidak memerlukan tempat memasak tertutup. setelah itu biasanya ditambahkan kembali cairan untuk dilanjutkan dengan merebus bahan makanan hingga tingkat kematangan yang diinginkan.

Hidangan yang biasanya diolah menggunakan teknik olah ini adalah opor dan gulai.

Gimana?? Dah makin ngerti ya tentang teknik olah panas basah. So...kalau misalkan kalian nanti ada tugas ataupun lagi baca resep kemudian ada kata-kata seperti boil, simmer, poach dan lainnya dah gal bingung lagi ya.

Ulasan sedikit tentang teknik olah panas basah atau moist heat cooking semoga bisa berguna ya buat Kita semua. Yang mau kasih saran atau masukan silakan coret-coret di kolom komentar ya. Ngobrol asik kuy di terasboga.com

0 Response to "Teknik Olah Makanan (Teknik Olah Panas Basah/ Moist Heat Cooking )"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini