-->
header wrapper start -->

Hot Appetizer/ Hidangan Pembuka Panas

Terasboga.com - Hot Appetizer merupakan hidangan pembuka panas/ hangat yang berfungsi untuk merangsang nafsu makan dan biasanya memiliki porsi yang kecil, berasa asin gurih, manis dan asam (rasa seimbang dan tajam) dengan penyajian yang menarik. Hot appetizer biasanya disajikan pada suhu 50 – 60o C, berikut contoh hot appetizer:

a.       Croquette

hot appetizer
Croquette merupakan hidangan pembuka panas berasa gurih asin yang dibuat dengan cara pembuatan roux terlebih dahulu dengan mencampur berbagai macam bahan seperti daging ayam,  sayuran, telur kemudian dibentuk bulat atau bulat lonjong dan dilumuri panir serta digoreng dengan minyak banyak (deep frying). Untuk campuran roux dapat menyesuaikan dengan jenis croquette yang akan kita buat, dapat menggunakan daging sapi cincang, keju dan kentang dan bahan lainnya.

 

b.      Fritture

                       

Fritture merupakan salah satu hidangan pembuka panas yang memiliki rasa gurih asing atau gurih manis yang dibuat dengan cara membuat adonan batter terlebih dahulu dengan mencampurkan tepung dengan bahan cair yang diaduk rata hingga membentuk adonan semi liquid. Kemudian isian yang akan ditambahkan bisa dimasukkan ke dalam adonan kemudian digoreng   menggunakan minyak banyak (deep frying). Isian yang digunakan dapat berupa seafood ataupun buah-buahan.

c.        Risolles

Risolles merupakan hidangan appetizer yang disajikan hangat dan mempunyai rasa yang gurih asin. Bahan kulit/ crepe dibuat dari tepung terigu, telur, mentega, susu dan garam serta diberi isian rogout, sayuran ataupun lainnya yang dibentuk persegi atau segitiga, dilumuri tepung panir dan digoreng dengan minyak banyak (deep frying).

 

d.   Cheese Souffle


Cheese souffle adalah hidangan berbahan dasar telur yang dibuat dengan kuning telur dan putih telur kocok yang dipadukan dengan keju dan memiliki rasa yang gurih dan khas. Cara membuat cheese souffle adalah dengan membuat adonan rebus dari bahan-bahan antara lain margarin, tepung, masukkan susu dan keju, kemudian dicampur dengan kuning telur. Tambahkan putih telur yang sudah dikocok kaku, kemudian cetak dan pangang dalam oven.       
 

e.       Quiche Lorraine

Quiche Lorraine adalah salah satu hidangan pembuka panas dengan memadukan adonan pie (pie dough) dengan isian gurih yang disajikan dengan menarik dan merangsang nafsu makan. Adonan pie yang telah dibuat lembaran dan dimasukkan pada cetakan bulat, diisi dengan daging cincang yang telah dibumbui  dan ditambah dengan saus custard dan diberi taburan keju parut kemudian dipanggang dalam oven dan disajikan dengan cara dipotong sesuai dengan porsi hidangan yang diinginkan. 

Hidangan pembuka panas/ hot appetizer ini biasa juga digunakan sebagai hidangan penyerta minum kopi atau teh karena karakteristik hidangan yang dapat disajikan sebagai snack/ makanan kecil.  

0 Response to "Hot Appetizer/ Hidangan Pembuka Panas"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini