-->
header wrapper start -->

Cara Mudah Membuat Virtual Meeting/ Video Conference Menggunakan WhatsApp Web

 


Pandemi yang masih belum berakhir memaksa kita untuk membatasi kegiatan di luar rumah dan bersosialisasi secara langsung dengan rekan kerja maupun masyarakat di sekitar kita.

Buat para guru yang juga mulai jengah menghadapi kondisi ini akan mencari berbagai macam cara untuk dapat tetap memberikan pebelajaran sebaik mungkin walaupun secara daring. Penggunaan aplikasi yang begitu beragam untuk kegiatan daring baik untuk pembuatan kelas maya ataupun melaksanakan pertemuan secara virtual membuat kita memilah-milah aplikasi yang mana yang bakal kita gunakan yang efektif dan efisien dengan berbagai pertimbangan.

Aplikasi yang paling popular dan banyak digunakan yaitu Zoom, dimana peserta dapat langsung bergabung melalui link tanpa harus menginstal aplikasi tersebut. Nah, yang ini juga gak jauh berbeda dengan aplikasi Zoom, bedanya ini tidak berbayar dan cocok untuk kita yang males instal aplikasi macam-macam. Virtual Meeting dengan WhatsApp Web, waktu fleksibel dan bisa berjam-jam dan punya fitur yang lumayan ok untuk qta melaksanakan pembelajaran di kelas maya.

Langsung aja yuk, kita bahas satu per satu gimana cara untuk membuat virtual meeting/ video conference melalui WhatsApp Web

1.   Kita buka WhatsApp Web lewat browser, aq pakenya Chrome setelah itu Scan QR CODE pake hp kamu. 


2. Klik icon  titik 3 pada WhatsApp Web, Pilih Create Room, continue in messenger. 

3. Setelah kita klik continue in messenger, kita akan diminta masuk menggunakan akun facebook atau messenger. Sampai disini paham kan? WhatsApp, Facebook dan Messenger tu masih sodaraan alias satu pemilik. Setelah memasukkan akun kalian, kalian tinggal memilih pengaturan video dan speakernya. 


4. Setelah melakukan pengaturan video dan speakernya, kita tinggal klik Join Room, mulai dech meeting kita. 


5. Tapi gak mungkin kan kita mengadakan virtual meeting tanpa peserta??? Caranya gampang, kalian bisa langsung mengundang peserta meeting lewat link yang sudah kalian salin/copy kemudian kirimkan di WhatsApp atau aplikasi grup yang lain.


6.  Fitur dalam video conference WhatsApp web ini hampir sama dengan aplikasi lain yang digunakan untuk virtual meeting, seperti adanya share screen, pengaturan video dan audio, dan lain-lain. 

Tadi sudah kita bahas sedikit tentang cara mudah untuk melaksanakan virtual meeting sederhana menggunakan WhatsApp web karna kurang lebih hanya dapat menampung 50 orang saja tapi efektif dech buat rekan-rekan guru dan buat siapa aja yang butuh meeting sederhana.

Semoga artikel ini dapat berguna buat kita semua ya…terutama di masa pandemi seperti ini, yang semua serba terbatas tapi semoga saja dengan keterbatasan ini kita bisa mengekspresikan potensi kita secara maksimal. Salam sehat buat kita semua. Ngobrol asik yukz di terasboga.com

1 Response to "Cara Mudah Membuat Virtual Meeting/ Video Conference Menggunakan WhatsApp Web"

Tulis komentar anda disini