-->
header wrapper start -->

76 tahun Indonesia Merdeka, Merdeka Belajar, Pendidikan yang Memerdekakan



Sudah 76 tahun kita merasakan kemerdekaan, akan tetapi masih banyak sekali dari kita belum merasakan kemerdekaan. Sebenarnya Merdeka itu sendiri apa sech?

Merdeka dapat diartikan bebas dari belenggu, bebas dari apa saja yang tidak kita sukai atau melakukan hal sesuai dengan keinginan kita tanpa paksaan orang lain.

Nah, kalau kita kaitkan antara 76 tahun Indonesia Merdeka dengan Merdeka belajar yang sekarang ini mulai didengung-dengungkan lagi, harapan kita (guru dan peserta didik) belajar benar-benar bisa Merdeka tanpa harus dipaksakan seperti apa hasilnya.

Merdeka belajar diharapkan dapat menjamin kemerdekaan guru dalam mengekspresikan secara total proses pembelajaran yang diinginkan. Guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran, mempunyai strategi-strategi jitu dalam melaksanakan pembelajaran dengan keragaman peserta didik yang ada.

Sedangkan untuk peserta didik, Merdeka belajar dapat menjamin mereka menentukan pilihan kompetensi mana yang akan mereka pilih sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Selain itu peserta didik juga dapat berkolaborasi dengan guru dalam proses pembelajaran yang sesuai dan dapat menjembatani guru dalam menyampaikan pembelajaran agar peserta didik merasakan pengalaman belajar yang berharga. 

Pengaruh  pengajaran dan  pendidikan adalah memerdekakan manusia  secara lahir dan batin. Merdeka berarti  mampu  berdiri  sendiri, tidak bergantung pada  orang lain, dan dapat mengatur dirinya sendiri - Ki Hadjar Dewantara.

Tujuan pendidikan yang harus dicapai menurut Ki Hadjar Dewantara adalah terbentuknya manusia indonesia yang  merdeka /mandiri yaitu yang selalu memiliki inisiatif tanpa harus menunggu intruksi, selalu berfikir kreatif, selalu berinovasi dan berkarya serta memiliki budi  pekerti luhur. 

Untuk menciptakan Pendidikan yang memerdekakan dibutuhkan saling keterkaitan antara peserta didik, guru dan juga sekolah untuk dapat bersama-sama dan saling mendukung dalam mencapai tujuan Pendidikan yang diharapkan dengan tetap berpatokan pada nilai-nilai budi pekerti luhur.

Intinya, kita berharap pendidikan yang sedang kita laksanakan setelah 76 tahun Indonesia merdeka akan dapat memerdekakan kita dengan merdeka yang sesungguhnya, merdeka dalam segala hal terutama merdeka belajar.


1 Response to "76 tahun Indonesia Merdeka, Merdeka Belajar, Pendidikan yang Memerdekakan"

Tulis komentar anda disini