-->
header wrapper start -->

Peralatan pembuatan kaldu/ stock

terasboga.com - Tiap kali kita masak, pasti dong butuh peralatan untuk mengolah makanan dari mulai persiapan sampai pengolahan. Setelah kita pahami tentang Stock/Kaldu, pada kesempatan ini kita akan belajar bareng tentang peralatan-peralatan apa saja sech yang digunakan dalam pembuatan kaldu/ stock.  Peralatan yang digunakan dalam pembuatan kaldu/ stock ada berbagai macam, antara lain :

1.    Stock pot

Stock pot merupakan panci yang digunakan dalam pembuatan kaldu/ stock dan biasanya diberi kran dibawah yang berguna untuk menuang kaldu dari dasar panci sehingga kaldu yang dihasilkan bebas lemak atau busa yang mengambang di atas permukaan kaldu. Akan tetapi apabila kita tidak memiliki stock pot, kita dapat menggunakan panci biasa sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan sebelumnya.

2.    Roasting pan

Roasting pan merupakan peralatan yang  digunakan untuk mencoklatkan tulang yang akan digunakan dalam pembuatan kaldu coklat/ brown stock. Peralatan ini sebenarnya tidak harus ada jika hanya untuk membuat kaldu di rumah, akan tetapi lebih baik lagi kalau misalkan alat ini tersedia. solusi ketika kita ingin membuat kaldu coklat tapi tidak mempunyai alat ini, dapat menggunakan wajan untuk mencoklatkan tulang dengan cara di sangrai.

 

3.    Chopping board

Peralatan ini merupakan alat yang digunakan sebagai alas yang digunakan untuk memotong tulang maupun sayuran yang dibutuhkan dalam pembuatan kaldu/ stock.

 

4.    Vegetable knife

Pisau yang digunakan untuk memotong dan mencincang sayuran yang digunakan dalam pembuatan kaldu/ stock.

 

5.    Bone knife

Pisau ini digunakan untuk memotong/ mencincang tulang yang digunakan dalam pembuatan kaldu/ stock.

 6.    Tammy cloth

Alat ini merupakan kain yang digunakan untuk menyaring kaldu agar nampak jernih, mirip kain kasa tapi seratnya lebih lembut dan tipis

 

 7.    Perforated spoon

Merupakan alat yang digunakan untuk  menyaring lemak atau busa yang mengapung di atas permukaan kaldu/ stock

 

8.    Conical stainer

Merupakan alat berbentuk kerucut dan memiliki saringan, digunakan untuk menyaring bahan tidak terpakai serta lemak/ kotoran yang kemudian akan mengendap pada dasar alat tersebut.




0 Response to "Peralatan pembuatan kaldu/ stock"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini