-->
header wrapper start -->

Bahan pembuatan kaldu/ stock

kaldu/ stock

terasboga.com - Mendengar kata kaldu pasti kalian gak asing lagi kan temans, kaldu biasanya kita buat kalau kita mau bikin soto atau sup. Nah, kalau kaldu untuk bikin soto atau sup yang biasa kita buat di rumah itu pake bumbu dan rempah-rempah yang biasa kita jumpai, seperti bawang merah, jahe, daun salam ataupun bahan lain yang biasa digunakan sebagai dasar pembuatan soto atau sup Indonesia.

Kali ini, kita akan membahas tentang Kaldu/ stock yang digunakan pada hidangan kontinental, cukup mudah  dan sederhana dalam proses pengolahannya, bahan yang digunakan juga murah dan mudah didapat, antara lain :
1.   Daging
Penggunaan daging dalam pembuatan kaldu/ stock sangat jarang sekali dikarenakan harga daging yang mahal. Akan tetapi, daging dapat digunakan saat membuat consomme. Consomme adalah kaldu yang terbuat dari daging yang telah dicicil terlebih dahulu dan dimasak menggunakan bumbu-bumbu kemudian disaring hingga jernih.

2.   Tulang
Tulang biasanya digunakan dalam pembuatan kaldu/ stock dikarenakan harga yang relatif murah dan juga tulang biasanya tidak digunakan dalam pengolahan makanan, sehingga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kaldu/ stock. Tulang yang biasa digunakan dalam pembuatan kaldu/ stock antara lain : tulang sapi muda/veal, tulang ayam (chicken), tulang kambing dan juga tulang ikan (fish). 

3.   Bahan penyedap
Pembuatan kaldu/ stock menggunakan bahan penyedap agar aroma pada kaldu/ stock semakin sedap dan menggugah selera. Bahan penyedap yang digunakan adalah :
a. Mirepoix merupakan bahan nabati yang berasal dari sayuran yang biasanya dicincang/ dipotong serta direbus bersama tulang selama proses pembuatan kaldu/ stock. Bahan mirepoix seperti wortel, bawang bombay, batang bawang serta batang seledri.

b.  Bouquete garni merupakan campuran dari berbagai rempah yang diikat menjadi satu dan digunakan bersama dalam proses pembuatan kaldu/ stock. Bouquete garni terdiri dari bay leaves, thyme, daun bawang, daun seledri dan bisa juga ditambahkan lada butir dan cengkeh.

4.   Produk asam
Produk asam yang digunakan biasanya adalah tomat, yang digunakan dalam pembuatan brown stock / kaldu coklat.

5.   Lada dan garam
Lada dan garam merupakan bahan yang digunakan untuk menajamkan aroma kaldu yang dibuat. Akan tetapi penggunaan garam dan lada biasanya dalam jumlah sedikit atau bahkan ada kaldu yang sama sekali tidak menggunakan garam, dan garam hanya ditambahkan apabila kaldu akan digunakan sebagai bahan saus.

0 Response to "Bahan pembuatan kaldu/ stock"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini