-->
header wrapper start -->

Budaya Kerja 5R, Memulai Budaya Kerja dari SMK



SMK merupakan salah satu pendidikan menengah yang dikhususkan pada kompetensi-kompetensi atau Bidang Keahlian tertentu sesuai dengan minat peserta didik.

Bidang Keahlian di SMK banyak sekali macamnya, dan tuntutan dari lulusan SMK sendiri adalah untuk bekerja atau berwirausaha di Bidang atau kompetensi yang diminati yang ada di dunia kerja.

Adapun Bidang Keahlian yang ada di SMK seperti Pariwisata yang terdiri dari kompetensi Keahlian usaha perjalanan wisata, perhotelan dan kuliner. 

Kemudian Bisnis Manajemen yang terdiri dari Bisnis Daring dan Pemasaran, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Bidang Keahlian Pertanian, Kesehatan, Teknologi dan Rekayasa, Kelistrikan, Pemesianan, Otomotif dan masih banyak lainnya dengan kompetensi-kompetensi Keahlian yang beraneka ragam.

Dari berbagai Kompetensi Keahlian tersebut, mensyaratkan kompetensi kepribadian yang sesuai dengan bidang kerja yang dijalani. Adapun kompetensi kepribadian yang nantinya akan menjadi kebiasaan kerja (budaya kerja) kita, perlu diasah sejak dini untuk menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas. 

Budaya kerja yang perlu ditanamkan sejak dini antara lain:
1. Disiplin
Perilaku yang sesuai dengan norma kedisiplinan yang harus ditanamkan adalah tepat waktu dan taat terhadap peraturan yang berlaku.

2. Kerjasama
Mampu bekerja bersama di dalam tim dengan tetap memperhatikan tugas dan kewajiban yang ada. 

3. Integritas dan loyalitas
Memiliki kejujuran dan kesetiaan serta mampu menjaga mama baik tempat dimana kita bekerja.

4. Sosial dan komunikasi 
Mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan rekan kerja dengan tetap menjunjung tinggi nilai kesopanan dan juga sikap saling menghargai.

5. Professional
Mampu bekerja sesuai SOP (Standard Operasional Prosedur) dan menerapkan K3LH (Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup) di tempat kerja.

Penerapan budaya kerja berfungsi untuk  kestabilan organisasi dalam mencapai tujuan bersama, sehingga akan menjadikan organisasi menjadi lebih maju.

Budaya kerja yang biasa diterapkan di sekolah guna membekali peserta didik saat bekerja kelak, salah satunya berupa penerapan budaya kerja 5R. Budaya kerja 5R merupakan singkatan dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin. 

1. Ringkas
Ringkas, merupakan.salah satu kegiatan yang dilaksanakan dengan cara memilah dan memilih barang-barang tidak berguna untuk kemudian dipisahkan/dibuang. 

Barang-barang yang berguna dipisah dan disesuaikan jenisnya untuk diletakkan pada tempat yang sesuai yang sudah disediakan. Contoh dalam meletakkan peralatan dapur pada lemari alat sesuai spesifikasi.

2. Rapi
Rapi, tidak berantakan, selesai menggunakan peralatan langsung disimpan dan diletakkan di tempatnya. Bekerja dengan tetap memperhatikan penggunaan peralatan yang perlu dan menyingkirkan peralatan yang tidak perlu agar area kerja terlihat rapi serta nyaman digunakan.

3. Resik
Resik atau bersih merupakan salah satu hal yang wajib diterapkan dimanapun berada karena kebersihan merupakan salah satu ciri kepribadian kita. Selain itu, kebersihan juga dapat digunakan sebagai salah satu acuan tingkat kesehatan seseorang ataupun suatu wilayah.

Salah satu pembiasaan di sekolah dengan slogan resik adalah dengan adanya jadwal piket dan juga kerja bakti di sekolah yang digunakan agar lingkungan menjadi bersih, sehat dan nyaman digunakan untuk belajar.

4. Rawat
Memberikan perhatian yang baik kepada perlatan dan perlengkapan yang kita gunakan dalam bekerja sehingga dapat lebih optimal saat digunakan. Rawat juga dapat berarti tetap mempertahankan kerapihan dan kebersihan tempat kita melakukan pekerjaan sehingga kenyaman dan keefektifan bekerja dapat tercapai.

5. Rajin
Menjadikan kerapihan dan juga kebersihan sebagai salah satu budaya penting dalam melakukan pekerjaan. Selain itu, gunakan waktu secara baik dan tepat sesuai dengan porsi pekerjaan yang kita lakukan. datang dan pulang sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan serta tetap menjaga kenyamanan tempat kita dalam melakukan pekerjaan.

Intinya, Rajin adalah tetap konsisten dan disiplin dalam melaksanakan budaya kerja ringkas, rapi, resik dan rawat.

Dari uraian di atas bisa kita pastikan, pentingnya budaya kerja dalam kehidupan kita sehari-hari untuk menjamin keterlaksanaan pekerjaan agar lebih efektif dan efisien dan berhasil guna.

0 Response to "Budaya Kerja 5R, Memulai Budaya Kerja dari SMK"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini