-->
header wrapper start -->

Sandwich Canape

Sandwich merupakan salah satu hidangan yang biasa digunakan sebagai menu breakfast. Sandwich sangat familiar buat kita, tapi kebanyakan orang taunya sandwich tu roti tawar dikasih isian trus ditutup lagi dengan roti tawar hehehe. Ya gak salah sech, tapi buat lebih jelasnya kita bahas bareng yukz sandwich dan macam-macamnya.

A. Pengertian Sandwich
Dalam buku : "La Rousse Gastronomique" dituliskan bahwa "Sandwich is food stuff composed of two slices of buttered bread with some adible substance between" yang kurang lebih artinya sadwich  adalah makanan yang terbuat dari dua potong roti atau makanan lain dengan isian di dalamnya.  Nah, pada umumnya pengertian sandwich dan sepengetahuan kita pun sama ya... 

Seiring perkembangan pengetahuan pada dunia kuliner, sandwich tidak hanya terbuat dari dua potong roti. Sandwich bisa terdiri dari hanya satu roti, atau dapat juga terdiri dari beberapa potong roti dengan diberi isian yang sesuai. Sandwich juga biasa disebut dengan roti isi.

Dari penjabaran tersebut di atas, dapat kita simpulkan bahwa sandwich adalah hidangan yang terbuat dari satu atau lebih roti yang diberi isian sesuai dengan keinginan.

B. Fungsi Sandwich
Sandwich memiliki beberapa fungsi yang tentunya sedikit banyak kita tahu karena sudah tidak asing lagi untuk kita ya. Adapun fungsi sandwich antara lain:
1. Digunakan sebagai snack, penyela hidangan saat acara-acara tertentu.

2. Sebagai bekal, karena sangat gampang dibuat dengan bahan-bahan yang seadanya pun bisa serta praktis. Gak jarang ibu-ibu biasanya membuatkan bekal sekolah untuk anak ataupun digunakan sebagai bekal dalam perjalanan.

3. Menu Breakfast, Brunch, ataupun lunch.  Dengan komposisi yang cukup lengkap serta kandungan nutrisi yang dibutuhkan,  sandwich juga dapat disajikan sebagai menu pengganti pada hidangan breakfast, brunch ataupun lunch.

C. Jenis/ Klasifikasi Sandwich
Berdasarkan suhu saat menyajikan sandwich, sandwich dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Hot Sandwich
Hot sandwich merupakan sandwich yang diolah melalui proses pemasakan terlebih dahulu, hot sandwich biasanya disajikan pada suhu di atas 60oC. Contoh dari hot sandwich adalah hot dog dan burger.

2. Cold Sandwich
Cold sandwich merupakan sandwich yang diolah dan disajikan dalam keadaan dingin dengan suhu 15oC. Contoh dari cold sandwich antara lain tomato egg sandwich, cheese sandwich dan chicken salad sandwich.

Selain dari suhu saat menyajikan sandwich, berdasarkan cara penghidangannya,  sandwich dibagi menjadi dua, antara lain:
1. Open Sandwich
Open sandwich merupakan sandwich yang dihidangkan secara terbuka tanpa roti sebagai penutup. Isian pada open sandwich biasanya terdiri dari perpaduan berbagai bahan makanan  sehingga tampilan open sandwich lebih menarik. Contoh dari open sandwich adalah seafood sandwich.

2. Closed Sandwich
Sandwich ini sangat umum ditemukan dan familiar dengan kita karena komposisi sandwich ini menggunakan lebih dari satu irisan roti yang digunakan sebagai penutup. Setelah roti diberi isian selanjutnya roti yang satu diletakkan di atasnya sebagai penutup. 

D. Bahan Sandwich
Selanjutnya kita bahas bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sandwich,  antara lain:
1. Bahan Dasar 
Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan sandwich adalah aneka roti yang memiliki nandungan gizi/ nutrisi yang baik dan cukup tinggi. Roti biasanya mengandung karbohidrat, protein dan mineral lain yang berguna bagi tubuh. 

Roti yang biasa digunakan untuk membuat sandwich adalah roti tawar putih (white bread), roti gandum, french bread, burber bun, hotdog bun, croissant dan crepes. Roti-roti tersebut sangat mudah ditemukan di daerah kita masing-masing, terutama roti tawar putih. Biar gak penasaran juga silakan kalian dapat mencoba resep sandwich disini.

2. Spread
Spread atau olesan yang digunakan dalam pembuatan sandwich juga bermacam-macam, yaitu seperti margarin dan mentega, mayonnaise, mustard dan juga minyak zaitun.

3. Filling
Filling atau isian sandwich merupakan makanan yang diletakkan di atas roti atau di antara roti yang sebelumnya telah diberi spread/olesan. Filling dalam sandwich dapat berupa daging, unggas, ikan, keju ataupun telur. Isian tersebut biasa dikombinasi dengan olesan yang sesuai.

4. Garnish
Garnish pada sandwich digunakan untuk mempercantik hidangan sandwich, selain itu juga garnish dapat difungsikan untuk menambah nilai gizi pada hidangan sandwich itu sendiri.

5. Dekorasi
Dekorasi disini dimaksudkan untuk membuat penampilan sandwich lebih menarik dan juga tentunya disesuaikan dengan isian yang akan disertakan. Adapun dekorasi yang digunakan untuk sandwich antara lain daun selada, tomat dan juga peterseli.

Adapun syarat-syarat dekorasi sandwich yaitu bersih dan segar, dapat dimakan, tidak berlebihan dan juga memiliki rasa yang sesuai dengan filling yang digunakan.

E. Macam-Macam Sandwich
Seiring dengan berkembangnya dunia kuliner, berbagai pembaharuan dan juga inovasi pada hidangan terus mengalami kemajuan. Salah satunya adalah sandwich, saat ini sandwich bertransformasi menjadi bermacam-macam, antara lain:
1. Open Face Sandwich
Merupakan sandwich yang terbuat dari satu buah roti dan diberikan isian satu atau dua jenis makanan.

2. Canape
Sandwich yang berbentuk kecil dengan berbagai macam isian menarik, tanpa ditutup dan biasanya digunakan sebagai hidangan appetizer. Bahan dasar canape dapat berupa roti dan biskuit.

3. Club House Sandwich
Sandwich yang terdiri lebih dari 2 lembar roti, roti pertama diberi isian daun selada, irisan tomat, daging dan juga saus kemudian ditutup dengan roti kedua. Setelah itu, beri isian sesuai dengan selera dan tutup dengan roti ketiga. Begitu seterusnya hingga didapat sandwich yang diinginkan.

Club sandwich biasanya disajikan dengan roti yang potong segitiga dan diberi tootpick untuk menyatukan lapisan-lapisan tersebut.

4. French Toast
Frenc toast merupakan roti perancis yang dipanggang dan disajikan dengan margarin, mentega maupun selai kacang. Hidangan ini sangat cocok untuk menemani minum kopi.
 
5. Crouque Sandwich
Merupakan sandwich yang terdiri dari dua lapisan roti yang dipanggang. Crouque sandwich berasal dari Perancis.

6. Burger Sandwich
Burger sandwich merupakan sandwich yang terdiri dari roti bulat pipih yang dibelah dan diberi isian yang disisipkan, antara lain selada, irisan tomat, saus, daging dan keju dengan ketebalan kurang lebih 2 cm.

7. Pinwheel Sandwich
Sandwich yang terbuat dari roti yang dipotong memanjang, diberi isian seperti daging asap, telur dadar, selada, dan acar timun. Kemudian roti digulung dan dipotong-potong agar terlihat cantik.

8. Panino Sandwich
Sandwich terbuat dari roti yang dibelah horizontal dan diberi isian sosis, mortadella, daging asap dan keju. Sandwich ini disajikan panas setelah diangkat dari panggangan.

9. Submarine Sandwich
Roti ini berbentuk seperti kapal selam, diberi isian daging, keju, daun selada, irisan tomat, saus dan mayonnaise.

Demikian tadi sedikit pengetahuan tentang sandwich, semoga bermanfaat buat kita semua. Masukan ataupun saran saran bisa langsung ketik di kolom komentar ya...ngobrol asik yuk di terasboga.com

0 Response to "Sandwich Canape"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini