-->
header wrapper start -->

Pengertian, Fungsi dan Jenis Dessert

Pengertian Dessert

Dessert, sering banget kita denger tapi mungkin dari kita ada yang belum tau dessert itu apa. Dessert merupakan hidangan penutup yang biasanya memiliki rasa manis dan dapat dihidangkan dingin maupun hangat.

Dessert memiliki rasa manis karena merupakan hidangan pamungkas yang disajikan setelah makanan/hidangan utama. Hidangan ini berasa manis yang dimaksudkan untuk menyudahi kegiatan makan, tidak ada acara makan memakan lagi setelah dessert keluar ya 😁


Rasa manis akan membuat Kita menjadi lebih kenyang karena rasa manis terkesan mengeyangkan dan membuat kita enggan untuk menyantap hidangan kembali.

Bagi kita yang suka ngemil, dessert ini pasti jadi salah satu menu unggulan. Dessert yang juga dinikmati buat kita yang suka ngemil seperti ice cream, cake, pie, pan cake dan masih banyak banget hidangan buat ngemil yummy yang disajikan juga sebagai dessert.

Fungsi Dessert

Setiap hidangan pada suatu menu pasti memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan jenis dan juga bahan yang digunakan. Begitu pula dengan dessert, dessert mempunyai beberapa fungsi, antara lain:
1. Sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut setelah lunch dan dinner.
2. Menambah variasi hidangan yang disantap.
3. Menambah nilai gizi.

Jenis Dessert

Hidangan dessert bisa dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan penyajiannya, yaitu cold dessert dan hot dessert.
1. Cold Dessert
Cold dessert merupakan hidangan penutup dingin dan disajikan tentunya dalam keadaan dingin.Jenis cold dessert selain digunakan sebagai hidangan penutup juga biasa dinikmati ketika sedang bersantai bersama teman dan kerabat.

Macam-Macam cold dessert hampir semua merupakan hidangan favorite kita.
Contoh cold dessert antara lain Ice cream, fruit, cake, choux paste dan pudding.
a. Ice cream
Siapa yang gak doyan makanan satu ini, dijamin ketika denger kata ice cream kita sudah langsung membayangkan yummy nya ketika menikmati ice cream. Dingin, Seger, legit dengan berbagai varian rasa yang dijamin siapa aja bisa ketagihan.

Ice cream merupakan salah satu cold dessert yang disajikan dalam keadaan dingin. Sebelum disajikan, ice cream biasanya disimpan dalam freezer untuk mempertahankan tekstur dan juga rasa dari ice cream itu sendiri.

b. Fruits
Fruits atau buah-buahan merupakan salah satu hidangan penutup yang menjadi favorite, karena selain rasanya yang menyegarkan, aroma, warna dan tekstur tidak monoton. Buah yang biasa digunakan sebagai dessert antara lain semangka, kiwi, melon, jeruk, strawberry dan lain-lain.

Buah-buahan yang disajikan sebagai dessert dapat berupa irisan buah (fruit slice) yang di tata tapi atau dapat juga buah yang sudah diolah terlebih dahulu seperti punch, juice dan fruit cocktail.

c. Cake
Cake merupakan salah satu hidangan yang disajikan sebagai dessert karena 
memiliki cita rasa manis dan aroma khas. Selain itu, cake juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik karena terdapat karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral pada bahan-bahan pembuat cake. 

Cake yang dijadikan sebagai dessert harus memiliki porsi yang sesuai dengan standard penyajian dessert. Cake dapat disajikan dengan tambahan syrup, cream, saus atau buah sebagai pelengkap ataupun garnish. 

d. Choux paste
Choux paste atau biasa kita sebut dengan kue sus ini, merupakan salah satu hidangan pastry yang dapat juga disajikan sebagai dessert.

Kue ini dibuat dari adonan cair yang dibentuk dengan bantuan spuit kemudian dioven dengan suhu tinggi sehingga menimbulkan rongga yang digunakan untuk menaruh filling/isian di dalamnya.

Filling/isian pada choux paste ini berupa pastry cream, vla atau butter cream. Pastry cream yang digunakan juga dapat diberi tambahan potongan buah sebagai pelengkap ataupun garnish.

e. Pudding
Pudding merupakan hidangan penutup yang memiliki rasa manis dan biasanya dibuat dari agar-agar. Akan tetapi, ada pula jenis pudding yang dibuat dari bahan lain seperti dari telur maupun tepung pati (hunkwe dan maizena).

2. Hot Dessert
Hot dessert atau makanan penutup panas merupakan hidangan atau makanan penutup yang disajikan hangat atau panas, tentunya dengan rasa yang manis. Termasuk dalam hidangan penutup panas atau hot dessert adalah:
a. Pie
Merupakan salah satu hidangan hot dessert yang terbuat dari adonan sugar dough. Adonan yang telah tercampur kemudian dicetak menggunakan cetakan pie yang berbentuk mangkuk kemudian dioven.

Isian pie bermacam-macam, dapat berupa cream maupun makanan manis lainnya. Contoh pie yang digunakan sebagai hot dessert adalah hot apple pie.

b. Crepes
Crepe adalah adonan cair yang kemudian dimasak dalam pan dadar. Crepes dapat diberi isian pastry cream, buah segar ataupun buah olahan seperti selai, pure, buah kalengan. Contoh hidangannya adalah crepe suzette.

Kita sudah bahas tentang pengertian, fungsi dan juga jenis dessert, semoga bisa menambah pengetahuan kita ya. Saran yang bermanfaat bisa langsung ditulis di kolom komentar. Ngobrol asik yuk di terasboga.com... salam sehat buat kita semua.

0 Response to "Pengertian, Fungsi dan Jenis Dessert"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini