-->
header wrapper start -->

Menu Kontinental

terasboga.com - Masakan kontinental merupakan masakan yang berasal dari perancis yang terus menerus berkembang di daerah eropa sehingga masakan kontinental lebih akrab disebut dengan masakan eropa/ barat. Akan tetapi dengan perkembangan yang ada membuat masakan eropa merambah bahkan sampai ke benua lain seperti amerika dan juga Australia, sehingga masakan kontinental lebih beragam dan juga memiliki variasi yang cukup banyak.

Susunan menu kontinental pun terus berkembang seiring dengan kemajuan jaman. Pada awalnya, penyajian menu kontinental pada jamuan makanan menganut penggunaan sistem menu klasik yang terdiri dari 13 macam hidangan dengan susunan sebagai berikut:

Urutan menu

Bahasa Perancis

Bahasa Inggris

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

Hors D’oeuvre Froid

Potage Soup

Hors D’oeuvre Chaud

Poisson

Grosse Piece

Entrée Chaud

Entrée Froid

Sorbet

Roti (Et Salad)

Legumes

Entrements

Savoury

Dessert

Cold Appetizer

Soup

hot Appetizer

Fish

main course

Hot Entrée

Cold Entrée

Shorbet

Roast (and salad)

Vegetables

Sweet dish

Savory

Dessert

Perkembangan jaman yang semakin maju dan banyak orang yang menginginkan segalanya menjadi lebih sederhana dan mudah, menjadikan menu klasik dengan dengan 13 hidangan/ course yang biasanya selalu ada dalam setiap penyajian makanan dibuat menjadi lebih sederhana dengan memperhatikan berbagai macam hal seperti tidak membutuhkan waktu lama dalam pengolahan dan pelayanan serta semakin mudah dalam metode pembayarannya.

Merombak menu klasik menjadi lebih sederhana bukan berarti merubah kaedah penyajian makanan. Penyajian makanan masih tetap memperhatikan dan berpatokan kepada menu, klasik yang menjadi dasar perubahan pada pola penyajian makanan tersebut. Penyederhanaan menu klasik ini dapat disebut juga sebagai proses penyempurnaan susunan menu sehingga mempermudah dalam proses pengolahan, penyajian hingga pelayaan makanan.

Contoh penyederhanaan dan penyempurnaan menu klasik antara lain: dengan penggabungan beberapa menu menjadi satu kelompok menu seperti poison, grosse piece, entrée froid dan entrée chaud dijadikan sebagai menu pilihan dan dikategorikan sebagai main course pada menu modern.  Menu modern sekarang ini biasa menggunakan susunan menu 3 hingga 6 hidangan pada satu set menu dalam penyajian makanan. Susunan menu tersebut antara lain :

Pola menu dengan 3 kelompok hidangan (courses)

1)     Soup/appetizer

2)     Main courses: vegetables & potatoes

3)     Sweet/dessert

Pola menu dengan 4 kelompok hidangan (courses)

1)     Appetizer

2)     Soup

3)     Main course: vegetables & potatoes

4)     Sweet/dessert

Pola menu dengan 5 kelompok hidangan (courses)

1)     Cold appetizer

2)     Soup

3)     Hot appetizer

4)     Main course: vegetables & potatoes

5)     Sweet/dessert

Pola menu dengan 6 kelompok hidangan (courses)

1)            Cold appetizer

2)            Soup

3)            Hot Appetizer/entree

4)            Main Course: vegetables & potatoes

5)            Sweet

6)            Dessert

0 Response to "Menu Kontinental"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini