-->
header wrapper start -->

Contoh Soal PPM (Pengolahan Penyajian Makanan) Kelas XI SMK Tata Boga

Pengolahan dan Penyajian Makanan atau biasa diangkat PPM merupakan salah satu mata pelajaran pada SMK dengan kompetensi keahlian Tata Boga. Mata pelajaran PPM memiliki 26 KD/ Kompetensi Dasar yang dibagi menjadi 2 pada tingkat berbeda yaitu di kelas XI dan XII.

Pada kelas XI, Kompetensi Dasar yang dipelajari mulai dari KD 1 hingga KD 12. KD tersebut mempelajari tentang Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental, sedangkan KD 13 sampai dengan KD 26 lebih fokus kepada Makanan Indonesia, gastronomi molekuler serta fusion food yang akan dipelajari pada kelas XII.

Contoh soal PPM tata boga

Materi yang diajarkan pada kelas XI antara lain stock, soup, sauce, appetizer, kentang dan pasta, sandwich canape, hidangan dari telur, unggas, daging, seafood, sayuran dan dessert. Materi-materi tersebut terdiri dari teori dan praktik, domba peserta didik dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang hidangan tersebut serta mampir mempraktikkan masing-masing hidangan sesuai dengan resep dan prosedur.

Peserta didik yang lebih tertarik dengan praktik pada kompetensi keahliannya, menjadikan kurang ya kumat baca peserta didik terhadap mater-materi pelajaran yang diberikan. Padahal, teori tentang pengetahuan bahan makanan, pengolahan dan penyajian sangat diperlukan ketika akan dipraktikkan.

Selain itu, materi-materi tentang pengolahan dan penyajian makanan juga menjadi salah satu penilaian kompetensi peserta didik. Tidak sedikit pula peserta didik yang memilih mempelajari teori-teori tentang pengolahan dan penyajian makanan dengan mengerjakan soal-soal karena dianggap lebih mudah mengingat dan juga memahami materi yang ada.

Buat kalian yang ingin mempelajari materi PPM khususnya kelas XI kalian bisa buka link ini untuk dapat membaca-baca, atau mendownlod materi berikut Materi PPM. Setelah kalian membaca dan memahami materi yang ada, silakan mencoba mengerjakan contoh soal berikut.


Postingan materi tentang tata boga lain ditunggu ya...ngobrol asik kuy di terasboga.com

0 Response to "Contoh Soal PPM (Pengolahan Penyajian Makanan) Kelas XI SMK Tata Boga"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini