-->
header wrapper start -->

Membuat Nomor Halaman Berbeda dalam Satu File Dokumen


Salam terasboga. Kali ini kita bakal bahas bareng tentang cara penomoran halaman berbeda di dalam satu file dokumen, tentunya di Ms.Word ya.

Buat kalian yang biasa ketak ketik bikin tulisan makalah, proposal, atau karya tulis lainnya pasti gak asing lagi masalah beginian ya. Tapi buat para pemula, biasanya masih agak bingung nech maksudnya gmna hehehe.

Contoh simpel dech, ketika kita membuat karya tulis apapun biasanya pake cover, halaman judul, daftar isi, kata pengantar, isinya mulai dari pendahuluan sampai penutup (BAB I, BAB II, BAB III) dan dikasih nomor halaman yang beda-beda. Ada yang pake angka romawi ato pake angka latin biasa.

Kadang kita buat file berbeda-beda untuk tiap BAB atau bagian halaman, itu karna jenis penomoranny berbeda. Karena selain untuk mempermudah kita membaca biar gak terlalu banyak, berguna juga saat kita membuat dan mengatur penomorannya.

Tapi, gak jarang buat kita yang gak mau ribet ngeprint ato ngePDF-in biasanya cukup pake satu file ajah dengan jenis penomoran yang berbeda-beda. Kuy kita bareng-bareng belajar cara membuat nomor halaman berbeda dalam satu file dokumen.

Yang harus Kita lakukan adalah :
1. Buatlah tulisan kalian pada dokumen Ms. Word sesuai dengan keinginan. 

Buatlah page break pada tiap halaman yang akan diberikan jenis penomoran berbeda sehingga bentuknya menjadi per section.

Bentuknya akan menjadi seperti ini ya, disesuaikan dengan halaman apa saja yang ingin dibedakan jenis penomorannya.

2. Klik insert, page number (pilih jenis penomoran yg diinginkan pada tiap section).            


3. Kalian dapat memilih jenis penomoran sesuai dengan karakter dan posisi nomor yang kalian inginkan ya bisa di atas, di bawah, bawah kanan dan seterusnya.

Setelah itu kalian dapat memilih model penomoran sesuai dengan yang diinginkan, dapat menggunakan angka romawi, angka latin dan lain-lain. Dapat juga menentukan awal penomoran yang diinginkan.


4. Atur penomoran yang dibuat, misal pada halaman pertama nomor akan ditampilkan maka pada kotak different first page tidak perlu dicentang.

Sebaliknya apabila kalian menginginkan pada halaman pertama tidak menampilkan nomor, maka pada kotak different first page perlu dicentang.


5. Selesai dech penomoran halaman berbeda di dalam satu file dokumen. Gampang dan gak ribet kan.

Eits... belum selesai... kadang nech kalau kita sudah terlanjur membuat penomoran per section, ada aja yang masih kepengen diganti-ganti, misal...cover pengen dipisahin (karena awalnya pake page cover yang di ms. word) gak bareng dengan halaman laen karna beda kertas ketika mau ngeprintnyašŸ¤­ hhhmmm ok ok

Cara misahinnya gak sekedar delete ajah ya, biasanya akan ngaruh ke halaman berikutnya di penomoran halamannya kalau misal pake cover yg tersedia.

Gak usah kuatir, caranya simpel bgt kok. Kuy kita simak bareng
1. Buka file yang sudah kalian buat sebelumnya, kemudian klik view Klik gambar draft sehingga akan terlihat batasan section yang berupa garis putus-putus atau page break. Letakkan kursor pada ujung kiri batas yang akan dihapus.

2. Setelah kursor berada disisir yang ditentukan, ketik delete untuk menghapus batas/ page break (section pada penomoran)

3. Setelah itu klik kembali ke menu view pada menu bar kemudian pilih print layout

4. Untuk memindahkan atau menghapus cover yang sudah terlanjur dibuat tadi silakan kalian klik menu insert, pilih cover page, kemudian kalian pilih remove current cover  page

5. Setelah itu taraaa.... Hasilnya akan menjadi begini

Tapi kalau misal masih belum berhasil karena penomoran jadi berantakan, kalian bisa cek bagian link previous section. Sesuaikan aja apakah masing-masing halaman/section terhubung dengan halaman sebelumnya atau tidak.

Gampang kan, kliatannya memang agak ribet tapi kalau dah nyoba pasti gak seribet yang dibayangin kok. Saran yang bermanfaat ditunggu ya di kolom komentar. Belajar bareng yuk di terasboga.com.

0 Response to "Membuat Nomor Halaman Berbeda dalam Satu File Dokumen"

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini